Kemasan Menarik Tingkatkan Penjualan Produk Olahan Pangan Lokal

Kemasan Menarik Tingkatkan Penjualan Produk Olahan Pangan Lokal
Narasumber dari Dinas Pangan dan Perkebunan Cilacap, PLUT Cilacap dan Puskesmas Sidareja menyampaikan materi

Terkini.id, Cilacap – Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap dibawah kepemimpinan Ir. Susilan, menyelenggarakan kegiatan pembinaan mutu dan keamanan pangan pada usaha olahan pangan pada hari Selasa, 16 November 2021 di Balai pertemuan kecamatan Sidareja.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari 10 desa di kecamata Sidareja, yang terdiri dari pelaku usaha perorangan maupun Kelompok Wanita Tani (KWT) yang merupakan binaan Dinas Pangan dan Perkebunan di wilayah Sidareja.

Sekretaris Dinas Pangan dan Perkebunan, Dalyono dalam sambutannya menyampaikan “ kegiatan ini sungguh  memiliki peran yang sangat penting dan strategis didalam upaya membangun manusia yang sehat, terlebih lagi melibatkan kelompok pengrajin pangan olahan baik yang tergabung pada Kelompok Wanita Tani (KWT) maupun yang memiliki usaha secara mandiri sebagai peserta yang memberikan kontribusi langsung terhadap pangan yang akan dikonsumsi masyarakat”.

Lebih jauh, Dalyono menambahkan “Untuk mewujudkan pangan yang bermutu dan aman untuk dikonsumsi masyarakat, tidak hanya menjadi kewajiban dan tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab produsen makanan, oleh sebab itu saya katakan bahwa kegiatan ini sungguh amat penting dan hasil pertemuan ini untuk dapat diaplikasikan”.

Suci Hernaeni, Kasi Keamanan Pangan Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap menjelaskan, “kegiatan hari ini menghadirkan 2 narasumber dari Puskesmas Sidareja dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Cilacap yang akan menyampaikan materi Sanitasi Higien dan Kemasan Produk Olahan Pangan, dengan harapan pelaku usaha mampu meningkatkan kualitas produk pangan dengan benar-benar memperhatikan mutu, gizi serta aspek kesehaan sehingga aman untuk dikonsumsi dan memperhatikan kemasan, label yang sesuai standarisasi sehingga menarik konsumen untuk meningkatkan penjualan”, jelas Suci.

Puskesmas Sidareja, Karyan menjelaskan “PIRT menjadi hal yang penting bagi pelaku usaha yang bergerak dibidang olahan pangan seperti aneka sriping, lanting, kripik tempe dll seperti yang banyak dipoduksi oleh masyarakat diwilayah Sidareja untuk segera mengurus perijinan PIRT karena akan mendukung pemasaran produk usahanya. Tambahnya disaat penyampaian materi.

Konsultan PLUT Cilacap, Anisha Dian Iswahyuni mencoba membuka wacana baru kepada pelaku usaha mengenai fungsi kemasan dan labeling produk olahan pangan. “Fungsi kemasan produk sekaligus bisa membangun citra dan brand. Kemasan produk adalah alat penjualan yang penting dan efektif untuk mendorong pembelian. Urgensi kemasan produk bisa menjadi media yang ampuh untuk promosi penjualan”, jelas Anisha.

Ditambahkan oleh Anisha “Selain itu fungsi kemasan berupa sarana komunikasi bisa diwujudkan dalam pelabelan kemasan. Ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam pelabelan kemasan seperti merek produk, nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, nama dan alamat produsen, tanggal dan kode produksi, keterangan kadaluarsa, nomor izin edar dan informasi nilai gizi”. Sembari menjelaskan materi, peserta yang membawa produk olahan pangannya diminta untuk melihat dan mengoreksi apakah produk yang dimiliki sudah memiliki pelabelan seperti yang sudah dijelaskan oleh narasumber dari PLUT Cilacap.

Diakhir acara peserta diberikan informasi standarisasi produk olahan pangan dan perijinan apa saja yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha supaya kedepan pelaku usaha mampu meningkatkan daya saing dan meningkatkan penjualannya.

Berita lainnya

Garuda Jaya Kalisalak Juarai Rajawali Putra Superleague 2021

Forum Komunikasi Kepala RA dan PC Ma’arif NU Cilacap Selenggarakan Pembinaan Kepala dan Guru

LPBH NU Kabupaten Cilacap Dampingi Istri Pedagang Cilok Keliling yang Lemah

Final Rajawali Putra Superleague Pertemukan Tim Banyumas vs Cilacap

Kader PDIP Berikan Sembako, Dukungan Kepada Keluarga Pedagang Cilok Keliling yang Ditangkap Polisi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar