6 Inspirasi Mempercantik Ruang Tamu yang kecil

ruang tamu kecil
Inspirasi mempercantik ruang tamu yang kecil (pexelscom)

Terkini.id – Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus bisa dipenuhi oleh setiap orang. Bagaimanapun bentuknya, tujuan utama dari rumah tetap sama yaitu untuk tempat tinggal dan beraktivitas sehari-hari. Karena digunakan untuk sehari-hari, maka rumah harus dibuat senyaman mungkin di setiap bagian ruangan yang ada.

Beberapa orang memiliki desain dan keinginan tersendiri untuk diaplikasikan pada rumah yang mereka miliki. Mulai dari konsep, warna, interior, hingga barang-barang yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan keinginan setiap orang terutama jika budget memungkinkan. Sementara itu, aksesoris terkecil hingga yang terbesar bisa ditempatkan di setiap ruangan dengan perhitungan yang matang.

Salah satu bagian rumah yang sering ditata dan diatur sedemikian rupa dengan konsep khusus ialah ruang tamu. Bagian rumah ini termasuk berada di posisi bangunan paling depan sehingga biasanya akan menjadi bagian yang paling sering diatur secantik mungkin, lain halnya dengan ruang keluarga atau ruang lainnya yang tidak memerlukan perhatian ekstra untuk menatanya.

Beberapa rumah memiliki ukuran ruang untuk tamu yang tidak terlalu besar bahkan dapat dikatakan cukup kecil. Anda tidak perlu berkecil hati karena bukan berarti Anda tidak bisa mengatur ruangan ini untuk memberikan kesan rapi dan nyaman. Masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati ruangan tersebut sehingga bisa terlihat lebih luas dan juga nyaman.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menata Ruangan Kecil

Ruangan paling depan ini biasanya menjadi area yang hanya digunakan sesekali oleh penghuni rumah. Selain itu, di ruangan tersebut juga akan disimpan berbagai benda yang akan membuat ruangan tersebut terlihat lebih cantik dan fungsional. Jika ukurannya cukup kecil, maka Anda tidak bisa sembarangan menyimpan berbagai jenis benda maupun aksesoris.

Untuk benda yang bisa Anda gunakan dalam mempercantik ruang tamu berukuran kecil tak perlu berukuran terlalu besar. Untuk kursi atau sofa, Anda bisa memilih jenis minimalis dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan tersebut. Untuk meja, Anda bisa memilih jenis dengan ukuran kecil dan tidak memiliki ukuran yang hampir sama dengan sofa atau kursi.

Penempatan aksesoris seperti vas bunga maupun bingkai foto juga tidak perlu terlalu banyak karena hanya akan membuat ruangan terlihat lebih sesak dan sempit. Kemudian, penggunaan warna terutama pada bagian dinding harus dengan warna cerah dan polos. Hal ini akan memberikan efek yang lebih luas dan nyaman di sebuah ruangan.

Inilah Ide untuk Menata Ruang Tamu yang Kecil Agar Lebih Cantik

Nah, selain memperhatikan beberapa hal di atas, Anda tentunya membutuhkan ide yang cukup cerdas untuk membuat sebuah ruang tamu terlihat lebih cantik meskipun ukurannya cukup kecil. Kuncinya ada pada konsep dan penataan yang sesuai agar ruangan yang sempit bisa terlihat lebih luas dan juga nyaman.

1. Pilih Warna Putih

Ide pertama yang bisa Anda pilih untuk mempercantik ruang tamu ialah dengan memilih berbagai interior termasuk cat untuk dinding dengan warna putih. Seperti pada ulasan sebelumnya warna yang cerah bisa memberikan kesan yang lebih luas termasuk untuk warna putih ini. Anda bisa menggunakan cat putih pada dinding dan memilih beberapa barang seperti meja tamu dan meja sudut berwarna senada.

2. Memaksimalkan Penggunaan Dinding

Untuk menyimpan berbagai benda yang dikira cukup perlu Anda bisa memanfaatkan salah satu sisi dinding atau tembok yang ada di ruangan tersebut. Anda bisa meletakkan berbagai pajangan termasuk meletakkan televisi sebagai pelengkap. Untuk mengaplikasikan poin ini, Anda tetap tidak dapat menggunakan barang dengan ukuran terlalu besar dan dengan jumlah yang cukup banyak.

3. Pilih Warna Kontras di Salah Satu Sudut

Pada saat membuat konsep dekorasi ruangan, Anda bisa menentukan salah satu warna yang cukup kontras di salah satu sudut ruangan. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat ruangan menjadi lebih terlihat berkarakter dan terlihat unik.

4. Menggunakan Ornamen Klasik

Penggunaan ornamen klasik di bagian ruangan ini akan membuatnya terlihat lebih unik dan berkarakter. Ornamen yang dipilih bisa berupa pajangan atau hiasan-hiasan kecil dengan konsep yang klasik. Anda bisa menyulap ruangan yang sempit menjadi lebih unik dan menyenangkan untuk bisa ditempati.

5. Pilih Furnitur Multifungsi

Ide lain yang bisa diaplikasikan untuk memperindah ruang tamu ialah pemilihan furnitur yang bersifat multifungsi. Ide seperti ini cukup cerdas dan bisa menyiasati penggunaan beberapa barang yang diwujudkan dalam satu jenis furnitur saja. Sebagai contoh, Anda bisa memilih salah satu jenis lemari dengan ukuran yang tidak terlalu besar yang mampu menampung berbagai jenis pajangan sehingga Anda tidak perlu menggunakan meja lain. 

6. Penggunaan Karpet

Hal lain yang bisa membantu sebuah ruangan sempit menjadi lebih luas ialah penggunaan karpet dengan motif yang tidak terlalu ramai dan berkarakter. Pilih jenis karpet lantai yang minimalis dengan motif sederhana bahkan cenderung polos. Hal ini akan membuat ruangan ini terlihat lebih menarik dan juga modern.

Nah, berbagai jenis karpet untuk lantai bisa Anda dapatkan melalui platform jual beli online ternama, yaitu Blibli. Blibli menyediakan aneka karpet dengan berbagai motif favorit dengan harga yang terjangkau dan bersaing di pasarnya. Nantinya, Anda bisa memasang karpet yang sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Setiap seller yang tersedia di Blibli merupakan produsen dan supplier karpet terpercaya yang sudah berpengalaman di bidangnya. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan jenis karpet yang sesuai dengan keinginan dengan dibantu penjelasan yang sangat detail yang disajikan oleh Blibli. 

Informasi penting ini harus segera Anda terapkan untuk bisa mempercantik ruang tamu yang berukuran kecil sehingga bisa terlihat lebih luas dan juga nyaman. Ukuran kecil bukan berarti tidak terlihat cantik dan indah. Anda bisa tetap memiliki ruangan yang menarik dan tidak membosankan meski tidak berukuran besar.

Berita lainnya

Hasil Riset Dosen UNUGHA, Mayoritas Masyarakat Panik Karena Covid 19

‘Kampung Kuliner’, Banyak Kuliner Tradisional Memanjakan Masyarakat Cilacap

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar