Arti Penting Memiliki Cita – Cita

Akankah Indonesia Runtuh?
Priyo Anggoro : Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Terkini.id, Cilacap – Menjadi seorang Dosen adalah sebuah cita-cita sejak saya kuliah. Jauh sebelum itu, ketika masih di bangku sekolah, hampir tidak ada cita-cita yang saya patri dalam diri saya. Selain mengenyam pendidikan sekolah, waktu itu saya hidup menjadi santri mulai tahun 1996 – 2009, sekitar 13 tahun saya tinggal di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin, Kesugihan, Cilacap.

Ketika kawan-kawan seusia saya ramai-ramai bercita-cita ingin menjadi Presiden, Gubernur, Bupati, Dokter, Polisi, Tentara dan lainnya. Saya malah gamang, dengan profesi yang akan saya tuju suatu saat nanti.

Hingga pada usia 21 tahun pada semester 4 saat kuliah di Kampus UIN Jakarta, saya memiliki keinginan dan cita-cita untuk menjadi seorang Dosen.

Menjadi Dosen berarti mengabdikan diri untuk mengembangkan keilmuan sekaligus menebar manfaat bagi sesama.
Kesempatan untuk menjadi seorang Dosen akhirnya datang saat tahun 2009, ketika itu saya masih kuliah S2 Magister Manajemen di Solo. Saya ikut mengabdi menjadi seorang Asisten Dosen di Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dalam mata kuliah Ilmu Komunikasi dan Public Relation. Memang itulah bidang mata kuliah yang saya kuasai dan saya sukai.

Cerita begitu mudah berubah, pada tahun 2011 ternyata saya berkeinginan banting stir menjadi karyawan swasta pada Bank Nasional. Karena pada waktu itu, saya merasa ingin mencari pengalaman sekaligus gaji yang lebih besar.

4 tahun berlalu menjadi karyawan Bank Nasional, pada tahun 2015 saya memutuskan untuk resign. Karena keinginan dan cita-cita saya bukan menjadi karyawan Bank, tapi menjadi seorang Dosen.

Setelah UNUGHA berdiri, dengan Fakultas Ekonomi di dalamnya. Barulah, saya mulai untuk bergabung dan mengabdi kembali menjadi seorang Dosen hingga sekarang di Fakultas Ekonomi.

Keilmuan dan nilai-nilai sosial yang pernah saya dapatkan saat nyantri, sekolah dan kuliah bisa saya tebarkan untuk mahasiswa. Kemudian pengalaman saat saya bekerja di Perbankan semakin menguatkan sisi praksis saya dalam bidang Ekonomi Manajemen dan Marketing.

Menjadi seorang Dosen adalah panggilan jiwa. Sama dengan profesi-profesi lainnya yang kita geluti sesuai passion yang kita miliki. Bila suatu saat nanti, engkau memiliki cita-cita. Kuncilah dan fokuslah pada tujuan dengan konsisten dan kuat melalui prosesnya.

Kehidupan adalah proses yang terus berjalan, jadilah ahli pada bidang yang kamu sukai dan bermanfaat bagi sesama. Agar engkau mampu menjadi mutiara. Dimanapun berada, Mutiara tetaplah Mutiara.

Priyo Anggoro,

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali, Cilacap, Jawa Tengah

Berita lainnya

Mahasiswa KKN DR UNUGHA Berikan Pelatihan Aplikasi Untuk Belajar Daring

Pemdes Glempang Pasir Selenggarakan Upacara Bersama Mahasiswa KKN DR UNUGHA

Sebanyak 7.154 Narapidana di Wilayah Jateng Mendapat Remisi

Akankah Kelak Indonesia Runtuh ?

Panglima Santri Gayeng Nusantara, Taj Yasin Maimoen Serahkan Hewan Kurban di Cilacap

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar