Akankah Kelak Indonesia Runtuh ?

Akankah Indonesia Runtuh?
Priyo Anggoro : Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Terkini.id, Cilacap – 76 tahun Indonesia Merdeka, usia kemerdekaan yang semakin matang. Jika umur kita belum ada 76 tahun dan tidak lebih dari 76 tahun berarti kita belum pernah mengalami sebagai bangsa yang terjajah.

Hanya eyang dan buyut kita mengalami sebagai bangsa yang terjajah. Artinya kita lahir dalam keadaan Indonesia sudah Merdeka. 

Sebagai orang yang lahir dalam keadaan Merdeka, maka perjuangannya adalah bukan hanya mengisi kemerdekaan. Tapi, mempertahankan supaya tetap Merdeka.

Merdeka itu artinya berdaulat, tidak bergantung pada orang lain apalagi orang asing. Merdeka juga berarti saling bekerjasama, gotong royong dan saling membantu.

Jati diri kita tetap mengedepankan toleransi dan perdamaian abadi. Bila kita sudah Merdeka hari ini, apakah anak cucu kita tetap masih Merdeka? Ini pertanyaan kita tiap tahun.

Dulu disini ada kerajaan besar Majapahit dan Sriwijaya, kemudian ada Mataram. Kerajaan itu semua pernah menguasai Nusantara. Sekarang hanya tinggal sejarah dan nama.

Akankah Indonesia nanti menjadi sejarah dan tinggal nama. Itu semua bergantung pada kita. Sejauh mana kita tetap mewariskan nilai-nilai kebhinekaan kepada anak cucu kita. Sejauh mana sikap dan karakter sebagai bangsa yang beradab terus ada dalam sanubari kita.

Semua demi satu tujuan, menjaga kemerdekaan Indonesia. Karena hanya dengan Merdeka kita bebas berekspresi dan menjadi diri kita sendiri.

Berita lainnya

Garuda Jaya Kalisalak Juarai Rajawali Putra Superleague 2021

Forum Komunikasi Kepala RA dan PC Ma’arif NU Cilacap Selenggarakan Pembinaan Kepala dan Guru

LPBH NU Kabupaten Cilacap Dampingi Istri Pedagang Cilok Keliling yang Lemah

Final Rajawali Putra Superleague Pertemukan Tim Banyumas vs Cilacap

Kader PDIP Berikan Sembako, Dukungan Kepada Keluarga Pedagang Cilok Keliling yang Ditangkap Polisi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar