Siti Mukaromah Memberikan Materi Sosialisasi 4 Pilar

Siti Mukaromah Memberikan Materi Sosialisasi 4 Pilar
Siti Mukaromah Memberikan Materi Sosialisasi 4 Pilar

Terkini.id, Cilacap – Bertempat di Rumah makan Plataran Cilacap pada Sabtu 22 Mei 2021, berlangsung Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR – RI) dengan tema ‘Indonesia Damai Tanpa Konflik’.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penerapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber Ibu Siti Mukaromah, SAg. MAP Anggota MPR RI.

Beliau memaparkan dan menyampaikan Kepada para Peserta yang terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Khususnya kepada Guru – Guru Madrasah bahwa Tantangan yang kita hadapi saat ini tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah termasuk melalui media sosial.

Maka hal itu harus segera diimbangi dengan berbagai penanaman nilai yang bisa menjadi internal filter bagi masyarakat. “Dunia pendidikan harus menyiapkan kurikulum bagi pengembangan karakter yang kuat bagi anak didik, sehingga dengan sendirinya generasi muda kita bisa membedakan mana yang perlu diserap dan mana yang ditolak apabila mendapat informasi baru”, Papar Siti Mukaromah yang juga ketua umum perempuan bangsa ini.

Menurutnya, selain dunia pendidikan semua stake holder misalnya tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan guru madrasah dapat terlibat dalam membimbing putra putri mereka dalam memanfaatkan Media Sosial dengan bijak dan cerdas. “Sehingga  para siswa siswi tidak menjadi konsumen dan produsen berita berita HOAX, apalagi ujaran kebencian dan perilaku perilaku dan ujaran yang mengarahkan kepada budaya intoleransi,” Papar Siti Mukaromah

Sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan program dari MPR RI yang merupakan pembelajaran bersama masyarakat untuk mengerti apa itu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, agar terwujud kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Banyaknya potensi negtaif dari kemajemukan bangsa mesti dikelola dengan baik agar tak berujung pada konflik dan perpecahan. Potensi integrasi bangsa juga perlu diperkuat dengan menonjolkan budaya gotong royong, mendorong kerukunan umat beragama, suku, daerah dan partai politik.

Apabila Pancasila dilaksanakan, maka akan terwujud implementasi UUD 1945 sehingga terbentuk NKRI yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Untuk menghadapi potensi disintegrasi bangsa, keempat pilar tersebut harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Faktor pendidikan juga perlu mendapat fokus yang baik, agar rakyat semakin pintar dan sejahtera.(ozan)

Berita lainnya

Imam Ghazali Memiliki Prinsip Suhbah Dalam Mendidik, Ngaji Keghazalian Di Kampus UNUGHA

Persiapan PSCS Cilacap Jelang Kompetisi Liga 2 di tahun 2021 Semakin Mantap

Semangat Belajar Siswa Menurun Akibat Dari Pembelajaran Jarak Jauh

Siti Mukaromah Dorong Integrasi Ekosistem Ultra Mikro serta UMKM di Kabupaten Cilacap dan Banyumas

Sosialisasi 4 Pilar Sekaligus Memperingati Hari Lahir Pancasila

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar