Penjaringan Calon Perangkat Desa Bulusari Gandrungmangu Diikuti 13 Peserta

Penjaringan Calon Perangkat Desa Bulusari Gandrungmangu Diikuti 13 Peserta
Penjaringan Calon Perangkat Desa Bulusari Gandrungmangu Diikuti 13 Peserta

Terkini.id, Cilacap – Bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, 13 Peserta Calon Kepala Dusun (Kadus) mengikuti ujian. Kamis, 17 Desember 2020 pukul 08.00 WIB s/d Selesai.

Dalam ujian ini turut serta hadir Camat Gandrungmangu, sejumlah perangkat desa Bulusari, Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Gandrungmangu, dan Jajaran Koramil 10 Gandrungmangu.

Seleksi bakal calon Kadus terpilih ini cukup ketat, dimana mereka dipantau oleh Panitia Acara dan Panwas dari unsur Kecamatan, Polsek, dan Koramil Gandrungmangu.

Panwascam dan Babinsa Koramil 10 Gandrungmangu Awasi Peserta Ujian Calon Kadus Bulusari

Ketua Panitia penjaringan dan ujian, Teguh mengatakan, Ujian yang diselanggarakan tersebut sekaligus akan menetapkan satu orang yang menjadi Kadus.

Menyoal batas usia calon, Panitia mengatakan bahwa usia minimal yakni 20 tahun dan maksimal 42 tahun dengan pendidikan minimal SMA.

Hal itu juga tertuang dalam undang-undang, Nomor 6 tahun 2014 Pasal 51 ayat 1 huruf B dan Permendagri No. 83 tahun 2015.

“Sedangkan untuk masa jabatan, Kepala Dusun bisa meneruskan jabatannya hingga usia maksimal 60 tahun.” Terang Teguh senada dengan pihak Panwascam.

Lebih lanjut, Teguh juga menjelaskan, 60 tahun itu jika memang ingin melanjutkan, akan tetapi jika tidak atau ada musibah seperti kematian, maka akan dilakukan penggantin.

“Dan jika sudah usia 60 tahun tidak ada kendala apapun, maka juga akan digantikan atau Kepala Desa berhak dan wajib untuk memberhentikannya.” Paparnya.

“Panitia juga independen tanpa intervensi dari pihak manapun” tutupnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Polda Jateng Memanggil Saksi Kunci Pencemaran Nama Baik Pospera

Media NU Cilacap Menyambut Positif PPL Mahasiswa IAIN Purwokerto di Media NU Cilacap

Kreasi Bhabin Ngapak, Inovasi Untuk Pendidikan

5 Pengendara Sepeda Motor Terjaring Razia Operasi Masker Satgas Covid-19 Kecamatan Wanareja

Jalin Sinergi, Babinsa Sertu Masino Hadiri Musyawarah Masyarakat Desa Widarapayung Kulon

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar