BMKG Cilacap: Bulan Desember Puncak Musim Hujan

Kepala BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo
Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo (Dok. Terkini.id)

Terkini.id, Cilacap – Normal curah hujan untuk Cilacap bagian selatan pada bulan Oktober 2020 yakni 300 – 400 mili meter, tetapi akumulasi jumlah curah hujan di wilayah tersebut  700 mm lebih, sehingga ada peningkatan 100% lebih.

Sehingga keadaan tersebut menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Cilacap, Kata Teguh Wardoyo selaku Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Kamis, 26 November 2020 saat ditemui Cilacap Terkini.

Meski hujan pada November ini menyebabkan Banjir di sejumlah wilayah di Cilacap, Teguh mengatakan Hujan dengan intensitas tinggi masih berpotensi terjadi di bulan Desember mendatang.

“Hal ini mengingat bulan Desember adalah puncaknya, sehingga potensi hujan dengan intensitas tinggi dan banjir bisa terjadi kembali. Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.” Ucapnya

Semantara itu terkait gelombang tinggi di perairan selatan jawa dari mulai perairan Sukabumi, Jawa Barat hingga Perairan Yogyakarta, tinggi gelombang masuk dalam kategori sedang.

Adapun wilayah Perairan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat dan Perairan Selatan Jawa Tengah tinggi gelombang masuk dalam kategori tinggi.

“Perairan selatan jawa mulai Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta tinggi gelombang tergolong sedang.” Terang Teguh.

Ia menjelaskan, bahwa tingginya gelombang di perairan selatan jawa lebih dari 1 meter, mengingat perairan tersebut berhadapan langsung dengan samudera Hinda Selatan. Sedangkan perairan utara 1 meter sudah diwaspadai.

“Di perairan utara tidak sama dengan di perairan selatan jawa terkait tinggi gelombang, bahkan di Utara tergolong gelombangnya tidak terlalu tinggi, sebab perairan utara masih terdapat pulau. Sedangkan di Perairan selatan jawa tidak memiliki pulau dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia Selatan.” Pungkasnya.

Berita lainnya

Imam Ghazali Memiliki Prinsip Suhbah Dalam Mendidik, Ngaji Keghazalian Di Kampus UNUGHA

Persiapan PSCS Cilacap Jelang Kompetisi Liga 2 di tahun 2021 Semakin Mantap

Semangat Belajar Siswa Menurun Akibat Dari Pembelajaran Jarak Jauh

Siti Mukaromah Dorong Integrasi Ekosistem Ultra Mikro serta UMKM di Kabupaten Cilacap dan Banyumas

Sosialisasi 4 Pilar Sekaligus Memperingati Hari Lahir Pancasila

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar