Ngaji Online di PCNU, Tema ‘NU dan Gerakan Sosial’

Gus Hazam
Gus Hazam Bisri, Sekretaris PCNU Cilacap menjadi narasumber Ngaji Online Tematik di Studio PCNU Cilacap (foto : pri)

Terkini.id, Cilacap – Disiarkan langsung dari studio PCNU Cilacap. Pada Sabtu, 25 April 2020, Ngaji online tematik kembali digelar.

Ngaji online kali ini bertemakan NU dan Gerakan Sosial. Dimana akhir-akhir ini masyarakat membutuhkan satu pencerahan dibididang sosial keagamaan.

Hadir sebagai Narasumber Ngaji Online tematik kali ini, Gus Hazam Bisri, sekretaris PCNU Cilacap.

Gus Hazam Bisri menyampaikan, “setidaknya ada 3 hal mendasar yang melatarbelakangi NU sebagai gerakan sosial, yang pertama NU sebagai kekuatan penggerak sosial keagamaan yang ada di dalam masyarakat. Hal ini menjadikan pengaruh Ulama dan Kyai NU menjadi dominan dalam masyarakat Nahdliyin.”

“Kedua, NU sebagai pemerhati dan penggerak bagi pengembangan sumber daya manusia. Hal tersebut, tidak jauh dari sejarah berdirinya NU yang diawali dari tashwirul afkar, berupa forum diskusi Ulama pada waktu itu dalam merespon situasi aktual yang terjadi dalam kehidupan masyarakat”.

“Ketiga, NU sebagai tempat memberi pemahaman tentang hak dan kewajiban bernegara yang terwujud dalam ranah politik kebangsaan, dimana masyarakat harus ikut andil dalam pembangunan dan menjaga tanah air”.

Gus Hazam melanjutkan, 3 hal pokok ini yang menjadi dasar gerakan sosial dalam tubuh Nahdlatul Ulama.

Sehingga masyarakat Nahdliyin terus mengembangkan kepedulian sosial, salah satunya ketika wabah Covid 19 terjadi, NU dari Pengurus Cabang bahkan sampai Anak Ranting bahu membahu memberikan bantuan melalui Lazisnu atau NU Care.

Disamping itu, badan otonom seperti IPNU, IPPNU, Ansor, Fatayat dan Muslimat berlomba-lomba memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak Covid 19. Mulai membagi masker, membagi sembako, penyemprotan disinfektan dan masih banyak lagi.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Ditargetkan 100 Orang, Pengobatan Gratis oleh Lazis NU dan LKNU di Sikampuh Kroya Lebih

Pospera Jateng Laporkan Staf Khusus Menteri BUMN ke Polda Jateng

Memfitnah Pospera, Arya Stafsus Menteri BUMN Terancam Dipolisikan Pospera

Teman yang Tepat

Konsolidasi Relawan PBM Bersama BNN Cilacap dan PBM Desa Karangkandri

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar