Dua Warganya Positif Covid-19, Pemerintah Desa Gombolharjo Dirikan Dapur Umum

Dapur
Pemerintah Desa Gombolharjo Dirikan Dapur Umum ( foto : Agus)

Terkini.id, Cilacap – Dua warga Desa Gombolharjo, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap dinyatakan positif Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

Pernyataan keluar setelah dilakukan rapid test. Saat ini dua warga telah menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

Rapid test juga telah dilakukan kepada pihak keluarga dan warga lainnya yang pernah kontak langsung dengan keduanya.

Kondisi ini tentu membuat kekhawatiran pemerintah desa setempat.

Guna mengatasi kondisi ini, Kepala Desa Gombolharjo, Wagiyo Astoto, bersama Babinsa Koramil 08 Adipala, Serda Agus HP, dan tokoh masyarakat desa setempat berinisiatif mendirikan dapur umum.

Hal itu dimaksudkan untuk membantu warga RT 5 RW 1, Dusun Cibolang, Desa Gombolharjo yang mana wilayah tersebut diterapkan lock down guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Tujuan pendirian dapur umum ini adalah untuk membantu warga akibat wilayah RT nya diterapkan lock down dan lokasi dapur umum ini didirikan di dusun Cibolang, Desa Gombolharho, tepatnya dekat dengan warga yang terpapar Covid 19. Ini kita lakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ke wilayah lainnya, ” kata Babinsa Serda Agus HP, pada Rabu, 22 April 2020.

Dijelaskan pula oleh Babinsa, dapur umum yang dibuka ini dibawah koordinasi Ketua PKK desa setempat dan untuk anggaran dari pemerintah desa dan juga sumbangan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, ditugaskan 10 orang untuk memasak karena ada sekitar 25 KK atau 90 orang yang harus diberi makan baik pagi, siang dan malam tiap harinya.

“Kita siapkan 10 orang yang ditugaskan untuk memasak untuk mencukupi kebutuhan makan warga RT 05 RW 01. Baik warga yang mampu maupun tidak mampu mendapat jatah yang sama, karena mereka tidak boleh keluar rumah, karena harus menjalani isolasi mandiri,” jelasnya lebih lanjut.

Untuk teknisnya, pemberian makanan ini diberikan door to door oleh dua orang petugas dari masyarakat yang telah disiapkan dengan menggunakan APD yang ada. Adapun waktu pengantaran makanan, makan pagi pada pukul 09.00.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Relawan PBM Kecamatan Kesugihan Sambangi BNN Bersama 6 Pasien Rehab

Bergerak Cepat, Relawan PBM Cilacap Jemput 3 Pengguna Narkoba Lagi

Aktif Membujuk Pecandu Menjalani Rehab, Kepala BNN Cilacap Apresiasi Langkah Nyata Relawan PBM

Relawan Pemulihan Berbasis Masyarakat ‘PBM’ Cilacap Mendampingi Pecandu Narkoba Menjalani Rehabilitasi

Demi Meningkatkan Imun Tubuh, Pemdes Madura Membagikan Jus Jambu Plus Kepada Warganya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar