Kyai Abdal Malik, Sosok Petani Plus Entrepreuner Digital

Kyai Abdal Malik
Kyai Abdal Malik adalah Sosok Petani yang juga Entrepreneur Digital (foto : pri)

Terkini.id, Cilacap – Banyak orang meng-identik kan seorang Kyai hanya sebagai sosok pemuka Agama, yang mendalami dan mengajarkan ilmu Agama saja, lebih terkesan konservatif dan jauh dengan dunia modern.

Tapi tidak, untuk sosok yang satu ini, Kyai Abdal Malik biasa disapa. Saat tim Cilacap.terkini.id menyambangi kediamannya di Desa Kemojing, Kecamatan Binangun, pada Kamis, 16 April 2020. Jurnalis Cilacap Terkini langsung disambut dengan cukup ramah.

Ia terkenal sebagai sosok sederhana, murah senyum dan ‘alim, terutama dalam penguasaan kitab kuning, karena pernah juga menjadi santrinya KH. Maimun Zubair, saat mesantren di Sarang, Rembang.

Kyai Abdal Malik adalah Sosok Petani yang juga Entrepreneur Digital (foto : pri)

Kyai Abdal Malik memiliki aktifitas sebagai ketua Kelompok Tani di Desa Kemojing, Binangun, sekaligus Katib Syuriah PCNU Cilacap. Dalam bidang usaha beliau adalah owner dari usaha yang dirintisnya sendiri sejak tahun 2011. Diberi nama ‘Papringan Berkah Tani’.

Pria kelahiran 44 Tahun yang lalu ini mendirikan ‘Papringan Berkah Tani’ sebagai usaha yang bergerak dalam bidang penyediaan media tanam, pupuk organik, dan bibit.

Konsumennya pun sudah menjangkau area Cilacap dan Banyumas. Satu lagi keunikannya, ia berbisnis pertanian secara online melalui Facebook ads, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya.

Kyai Abdal Malik adalah Sosok Petani yang juga Entrepreneur Digital (foto : pri)

Saat bercerita kepada jurnalis Cilacap Terkini. Kyai Abdal Malik menjelaskan. Bahwa dirinya tidak bisa lepas dengan media online sejak tahun 2009. Dirinya pernah menjadi Blogger dan Affiliate Marketing dalam perusahaan Amazone.

“Santri zaman now harus bisa memahami perkembangan zaman, Alhamdulillah saya memiliki 6 orang anak, yang biaya pendidikannya ditopang oleh hasil usaha online selama ini. Bahkan pengiriman kita dari usaha online sudah sampai ke luar Jawa.” Kata Kyai Abdal.

Kyai Abdal Malik menambahkan,

“Peluang usaha di media digital sangat terbuka lebar. Hanya tinggal mau atau tidak memanfaatkannya. Kuncinya semua yang dijalankan, harus fokus dan tlaten.” Tutupnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Cilacap Terkini Bersama JIPC Akan Luncurkan Polling Pilkada Cilacap

Namanya Di Catut Oleh FUI, PMII Cilacap Datangi Polres Cilacap

‘Tekani Tukoni’ Menjadi Satu Cara Wakil Bupati Cilacap Memberdayakan UMKM

Pospera Salurkan Bantuan Paket Sembako, 35 Ribu Warga Menjadi Target

Indahnya Berbagi Bersama Ulinnuha, Juara AKSI Indosiar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar