Siapakah yang Layak Dapat Bantuan Langsung Tunai ‘BLT’ dari Desa?

Menteri Desa
Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar sedang Memberikan Sambutan (foto : pri)

Terkini.id, Cilacap – Kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Desa melalui Peraturan Menteri PDTT No 6 tahun 2020, memunculkan pertanyaan tentang kriteria miskin. Peraturan Menteri tersebut, langsung dikonfirmasi oleh tim media cilacap.terkini.id ke salah satu Kepala Desa di kabupaten Cilacap pada Selasa, 14 April 2020.

Ahmad Munawir selaku Kepala Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, berkata “Kriteria miskin yang tertuang di Permen, masih belum saya pahami, karena setahu saya warga kami tidak ada yang miskin diluar penerima PKH dan BPNT”.

Sehingga dirinya, sebagai Kepala Desa masih menunggu juknis pelaksanakan keputusan tersebut, kepastian peraturan di bawah Permen yang mengatur kriteria penerima BLT tersebut.

Peraturan Menteri tersebut merupakan bentuk respon Kementerian Desa terhadap mewabahnya Covid-19, dengan memberikan BLT- Dana Desa, sasaran penerima Dana Desa tersebut adalah Keluarga miskin non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (Exlusion Error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/Kronis.

Lubadul Fikri salah satu aktivis pemerhati sosial, sangat mengapresiasi positif dikeluarkannya permen tersebut, oleh karena itu, dia berharap bahwa program tersebut benar-benar sampai pada masyarakat yang tepat.

“Pendataan BLT harus memakai skala prioritas penerima, jangan sampai yang layak menerima terlewatkan, hanya karena kehabisan kuota yang dikarenakan diberikan kepada orang-orang terdekat Kepala Desa maupun kerabat-kerabatnya saja,” tegas Fikri.

Peraturan Menteri Desa ini menjadi embun penyejuk bagi rakyat kecil di daerah, karena sekarang Pemerintah Desa pun hadir memberikan stimulus bagi mereka.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pospera Salurkan Bantuan Paket Sembako, 35 Ribu Warga Menjadi Target

Indahnya Berbagi Bersama Ulinnuha, Juara AKSI Indosiar

Aksi Berbagi KNPI Kroya, Peduli Masyarakat Lemah

Proyek RDMP Cilacap Belum Ada Kepastian, Meski Lahan Sudah Dibebaskan

Memantau Perkembangan Covid-19, Cilacap Lakukan Rapat dengan Kemensos

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar