Cerdas, Pemuda Desa di Wanareja Meraup Rupiah di Tengah Wabah

Pemuda Desa di Wanareja Meraup Rupiah di Tengah Wabah
KNPI Wanareja melakukan bimbingan usaha kepada pemuda desa di Wanareja yang menghasilkan pundi-pundi Rupiah di tengah wabah (foto : priyo)

Terkini.id, Cilacap – Efek adanya penyebaran virus Covid-19 tidak hanya pada bidang kesehatan, tapi juga pada ambyarnya perekonomian masyarakat.

Melihat hal itu, Hasan Muzaki, seorang Dosen Fakultas Ekonomi di UNUGHA Cilacap dan juga Ketua KNPI Kecamatan Wanareja merasa terpanggil untuk memberi edukasi kepada pemuda di daerahnya agar mampu bangkit dan melihat peluang dalam keadaan seperti ini.

Dani, salah satu anggota binaannya, mampu memproduksi “Wedang Uwuh” yang sudah dalam kemasan lebih dari 50 bungkus. Karena rata-rata ia bisa menjual 50 bungkus perhari.

“Bimbingan kepada pemuda ini sangat bermanfaat, saya juga diajarkan teknik pemasaran” Ungkap Dani.

Wedang Uwuh merupakan ramuan tradisional dari beberapa rempah-rempah alami diracik menjadi minuman herbal yang kaya manfaat, terdiri dari jahe, daun cengkeh, cengkeh, daun pala, kayu manis, secang, dan gula batu.

Hasan menambahkan “Pemuda di desa harus bangkit dan menjadi contoh bagi masyarakat bahwa di tengah pandemi yang melanda, roda perekonomian harus tetap jalan,” ujarnya.

Dia turun langsung berbagi pengetahuannya kepada anggota KNPI Wanareja sekaligus memberikan motivasi dan pengetahuan bagaimana jeli melihat peluang di wilayah kecamatan Wanareja, Cilacap, meski krisis terus berlangsung.

Phisical distancing bukan berarti berhenti berkarya, setiap dari kita, bisa memberi peran sekecil apapun untuk bangsa dan negara, dimulai dari hal sederhana di lingkungan yang kita tempati.” tutup Hasan.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Cilacap Terkini Bersama JIPC Akan Luncurkan Polling Pilkada Cilacap

Namanya Di Catut Oleh FUI, PMII Cilacap Datangi Polres Cilacap

‘Tekani Tukoni’ Menjadi Satu Cara Wakil Bupati Cilacap Memberdayakan UMKM

Pospera Salurkan Bantuan Paket Sembako, 35 Ribu Warga Menjadi Target

Indahnya Berbagi Bersama Ulinnuha, Juara AKSI Indosiar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar