Tim UNUGHA Peduli Menyambangi Zona Merah Covid-19 di Desa Kracak, Ajibarang

Unugha peduli
Tim UNUGHA Peduli memberikan paket Hand Sanitizer berbahan alam yang tumbuh disekitar kampus kepada masyarakat desa Kracak, Ajibarang, Banyumas (foto : Priyo Anggoro)

Terkini.id, Banyumas – Saat ini, Covid-19 sudah dinyatakan sebagai pandemic global sehingga upaya penanganannya perlu melibatkan berbagai kalangan, termasuk dunia akademisi yaitu kalangan Perguruan Tinggi.

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap sebagai Universitas satu-satunya di Cilacap mengambil langkah sigap untuk membantu masyarakat dalam hal pengadaan Hand Sanitizer gratis.

Terpantau oleh tim Terkini.id, pada hari Sabtu, 4 April 2020, tim dari UNUGHA Cilacap melakukan kegiatan pembagian Hand Sanitizer gratis kepada masyarakat desa Kracak, kecamatan Ajibarang, kabupaten Banyumas.

“Desa kracak dipilih karena desa ini sudah masuk zona merah dan belum ada bantuan yang masuk”, ujar Muhammad Ridwan, Kepala Bidang Penelitian LPPM UNUGHA Cilacap.

Ridwan menjelaskan Hand Sanitizer yang dibagikan kemasyarakat merupakan hasil produksi antara dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri yang disupport oleh Fakultas MIKOM.

Bahan yang digunakan yaitu, lidah buaya (aloe vera), jeruk nipis dan sebagai solvennya (pelarut) yaitu Alkohol dengan kadar 70%.

Lidah buaya memiliki fungsi sebagai pelembab kulit, mengurangi iritasi kulit dan sebagai antioksidan, sedangkan jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti bakteri dan anti jamur yang handal.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa tingkat keasaman yang tinggi dapat membunuh bakteri menjadikan disinfektan yang efektif, dan alkohol mengandung satu atau lebih gugus fungsi hidroksil yang berfungsi sebagai pembunuh kuman atau virus.

Kegiatan ini sukses terlaksana atas kerjasama Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer (F.MIKOM) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) serta LPPM UNUGHA.

Sampai berita ini diturunkan masyarakat desa Kracak cukup antusias menerima bantuan Hand Sanitizer dari bahan alami gratis ini.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Cilacap Terkini Bersama JIPC Akan Luncurkan Polling Pilkada Cilacap

Namanya Di Catut Oleh FUI, PMII Cilacap Datangi Polres Cilacap

‘Tekani Tukoni’ Menjadi Satu Cara Wakil Bupati Cilacap Memberdayakan UMKM

Pospera Salurkan Bantuan Paket Sembako, 35 Ribu Warga Menjadi Target

Indahnya Berbagi Bersama Ulinnuha, Juara AKSI Indosiar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar