Resonansi Pergerakan Sosial dan Semangat Gotong Royong

Gerakan Resonansi dan Gotong Royong
Gerakan Membagi Masker Salah Satu Komunitas di Cilacap (JIPC) yang memiliki efek resonansi besar bagi masyarakat lain yang mampu untuk ikut tergerak juga membantu yang lemah (Gambar : Priyo Anggoro)

Terkini.id, Cilacap – Resonansi merupakan suatu getaran benda yang diakibatkan oleh getaran atau bunyi dari benda yang lain. Resonansi sering dijumpai pada ilmu Fisika, ketika sedang mempelajari tentang bunyi.

Lalu bagaimana maknanya bila di gunakan dalam ranah sosial, apakah ada resonansi? Sebenarnya, di dalam ranah ilmu sosial kita menyebut istilah interaksi sosial atau pengaruh sosial. Tapi, tak ada salahnya bila ingin memasukkan satu diksi yang sarat makna demi menguatkan semangat dari sebuah pergerakan sosial.

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang banyak dipengaruhi oleh gerak dan kata-kata dari orang lain melalui interaksi sosial. Bahkan tanpa sadar, kata-kata dan gerak yang dilakukan oleh seorang tokoh misalnya bisa memiliki efek yang besar dan kuat bagi orang lain.

Pernahkan Anda melihat satu karya puisi yang dapat menghipnotis jutaan orang, atau kata-kata seorang Ulama pemuka Agama yang mampu menyejukkan jiwa umat yang mendengarkan, atau kata-kata seorang motivator yang mampu membangkitkan impian para pendengarnya. Inilah resonansi kata yang dimaksud.

Lalu, kita pernah melihat pada sejarah tahun 1998 saat Reformasi, ada gerakan sosial mahasiswa di Jakarta yang melakukan aksi demonstrasi kemudian menginspirasi gerakan mahasiswa di kota-kota lain di seluruh Indonesia, hingga menjadi kesadaran bersama secara nasional. Inilah yang dinamakan resonansi gerak.

Lewat kata, suara dan gerakan ternyata manusia pun bisa memicu resonansi yang lebih besar. Maka setiap kata, suara dan gerak perlu dipersiapkan dengan matang hingga menjadi resonansi yang menginspirasi banyak orang untuk berbuat kebaikan.

Satu contoh resonansi paling nyata, adalah gerakan yang diambil oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan seluruh PNS di Jawa Barat yang memotong gajinya selama terdampak wabah Covid-19 untuk menanggulangi warga yang terdampak Covid-19, baik secara medis maupun terdampak secara sosial ekonomi.

Gerakan ini bukan hanya menimbulkan banyak resonansi di beberapa wilayah, tapi sangat baik sebagai wujud teladan seorang pemimpin bangsa dalam menunjukkan sikap kenegarawanannya.

Itu hanya sebagian kecil resonansi yang ada dalam kehidupan, masih banyak resonansi lain yang bisa kita hadirkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan berfikir positif dan melakukan kegiatan positif, tidak harus besar, yang terpenting mampu menggugah kesadaran bersama.

Misalkan membagi sembako pada warga sekitar yang kurang mampu, membantu penyemprotan disinfektan, membagi-bagi masker, membantu APD bagi Puskesmas dan Rumah Sakit, Atau berbagi makanan kepada tetangga atau kepada warga kurang mampu.

Ketika gerakan yang dilakukan ini, banyak dilakukan di desa-desa, di kota-kota, di gang-gang kecil, di perumahan, di apartemen,di rumah susun dan lain sebagainya, maka sudah pasti akan menjadi getaran yang lebih kencang dan nyaring suaranya, sehingga menimbulkan resonansi baru terus menerus.

Apalagi, bila gerakan-gerakan tadi semakin disuarakan melalui media massa atau media sosial. Sehingga efek utamanya akan menginspirasi dan membangkitkan semangat Gotong Royong sesama warga dengan saling menguatkan, yang kaya memperhatikan yang miskin, yang kuat memperhatikan yang lemah, yang bisa berbagi segera berbagi, yang tak mampu berbagi selalu memanjatkan doa, tanpa sedikitpun mencela atau menghujat sebuah gerakan yang positif.

Oleh : Priyo Anggoro

Penulis adalah Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Menteri Dalam Negeri Mengajak Influencer Ramaikan Pilkada

Cilacap Terkini Bersama JIPC Akan Luncurkan Polling Pilkada Cilacap

Namanya Di Catut Oleh FUI, PMII Cilacap Datangi Polres Cilacap

‘Tekani Tukoni’ Menjadi Satu Cara Wakil Bupati Cilacap Memberdayakan UMKM

Pospera Salurkan Bantuan Paket Sembako, 35 Ribu Warga Menjadi Target

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar