Unik ‘Kereta Dorong Bayi’ di Modif Jadi Alat Penyemprot Disinfektan

Unik penyemprotan disinfektan
Unik, Warga RT 02/06,Tegalreja, Cilacap Selatan Menyulap Kereta Bayi Menjadi Alat Bantu Penyemprotan Disinfektan (foto : Priyo Anggoro)

Terkini.id, Cilacap – Dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran virus Covid-19 ada hal yang sangat unik di wilayah RT 02/06, Kelurahan Tegalreja, Cilacap Selatan, Cilacap.

Dimana, warga memodifikasi kereta dorong bayi (baby troli) yang tak terpakai menjadi alat dorong kompresor saat melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga.

Kordinator penyemprotan disinfektan, Mugiman, saat diwawancarai oleh tim terkini.id pada Sabtu, 4 April 2020, menyampaikan bahwa ide ini berawal dari musyawarah warga sekitar lalu dilanjutkan dengan kegiatan yang sudah rutin dijalankan sebanyak 6 kali.

“Penyemprotan ini sudah kita lakukan sebanyak 6 kali dengan ritme 2 hari sekali dan akan terus dilaksanakan. Dengan cara bekerjasama dan bergotong royong diharapkan menjadi kesadaran warga akan kebersihan dan kesehatan lingkungannya”. Tutur Mugiman.

Di tempat yang sama, Ketua RT 02/06, Tegalreja, Cilacap Selatan, Puguh Winanto menyampaikan bahwa anggaran kegiatan ini murni diambilkan dari kas warga RT.

Sehingga betul-betul kesadaran swadaya masyarakat.

“Sejak pemerintah menginstruksikan jaga kesehatan dan lingkungan, kami berupaya menjaga kesehatan dan kebersihan warga kami, dari mulai inisiasi dini atas warga yang mengalami sakit dan sosialisasi kebersihan lingkungan dengan cara bergotong royong”. Tegas Puguh Winanto.

Sebelumnya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghimbau dalam situasi seperti ini warga harus meningkatkan semangat gotong royong.

Sehingga masyarakat paham gotong royong bukan hanya slogan tapi perwujudan dari menjiwai Pancasila yang harus selalu kita laksanakan.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pospera Salurkan Bantuan Paket Sembako, 35 Ribu Warga Menjadi Target

Indahnya Berbagi Bersama Ulinnuha, Juara AKSI Indosiar

Aksi Berbagi KNPI Kroya, Peduli Masyarakat Lemah

Proyek RDMP Cilacap Belum Ada Kepastian, Meski Lahan Sudah Dibebaskan

Takmir Mesjid di Tiga Kecamatan Menerima Bantuan Paket Sembako

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar